Contoh Jurnal Algoritma Pemrograman
JURNAL ALGORITMA
PEMROGRAMAN
Erwin
Email
: Erwin_style@ymail.com
Abstrak - Tujuan pembuatan jurnal ini yaitu untuk
mengetahui Algoritma. Yang meliputi flowchart, langkah – langkah pembuatan
flowchart dari sebuah masalah, notasi – notasi algoritma. Hasil yang diperoleh
dari pembahasan mengenai Algoritma adalah (1).Algoritma berasal dari kata algorits
yang artinya menghitung dalam bahasa
arab. (2) Flowchart adalah representasi grafik dari langkah-langkah yang harus
diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang
terdiri atas sekumpulan simbol. (3) Notasi adalah alur/ jalan atau system kerja
dari sebuah flowchart.
Kata Kunci : Algoritma,
Flowchart, dan Notasi.
1. Pendahuluan
1.1 Latar
Belakang
Yang
mendasari dalam pembuatan jurnal ini adalah untuk mengetahui dasar – dasar dari
sebuah Algoritma dimana Metode dan tahapan sistematis dalam sebuah program adalah algoritma.
Algoritma merupakan hasil pemikiran konseptual, supaya dapat dilaksanakan oleh
komputer, algoritma harus ditranslasikan ke dalam notasi bahasa pemrograman.
1.2
Kajian Teori
1.2.1 Pengertian Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang
disusun secara sistematis dan logis. Kata logis merupakan kata kunci dalam
algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat
ditentukan bernilai salah atau benar. Dalam beberapa konteks, algoritma adalah
spesifikasi urutan langkah untuk
melakukan pekerjaan tertentu. Pertimbangan dalam pemilihan algoritma adalah, pertama, algoritma haruslah benar. Artinya algoritma akan memberikan
keluaran yang dikehendaki dari sejumlah masukan yang diberikan. Tidak peduli sebagus apapun algoritma, kalau memberikan keluaran yang salah,
pastilah algoritma tersebut bukanlah algoritma yang baik. Adapun kriteria suatu algoritma:
melakukan pekerjaan tertentu. Pertimbangan dalam pemilihan algoritma adalah, pertama, algoritma haruslah benar. Artinya algoritma akan memberikan
keluaran yang dikehendaki dari sejumlah masukan yang diberikan. Tidak peduli sebagus apapun algoritma, kalau memberikan keluaran yang salah,
pastilah algoritma tersebut bukanlah algoritma yang baik. Adapun kriteria suatu algoritma:
– Ada
input dan output
–
Efektivitas dan efisien
–
Terstruktur
1.1.2
Notasi –
notasi Algoritma
·
Notasi
I : kalimat deskriptif
·
Notasi II
: diagram alir (flowchart)
·
Notasi
III: psudo-code
1.1.3 Jenis – jenis Algoritma
·
Divide and Conquer, paradigma untuk
membagi suatu permasalahan besar menjadi permasalahan-permasalahan yang lebih
kecil.
·
Pseudo Code (Kode
Semu) merupakan metode yang cukup
efisien untuk menggambarkan suatu algoritma . Pseudo
Code dituliskan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami (boleh
menggunakan bahasa Indonesia) agar alur.
·
Dynamic programming, paradigma
pemrograman dinamik akan sesuai jika digunakan pada suatu masalah yang
mengandung sub-struktur yang optimal dan mengandung beberapa bagian
permasalahan yang tumpang tindih.
·
Sistem Flowchart
Sistem flowchart merupakan
diagram alir yang menggambarkan suatu sistem
peralatan komputer yang digunakan dalam proses pengolahan data
serta hubungan antar peralatan tersebut.
1.1.4 Flowchart
Flowchart adalah representasi grafik dari
langkah-langkah yang harus diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan
yang terdiri atas sekumpulan symbol. Flowchart juga bisa disebut sebuah grafik
yang tersusun dan terstruktur untuk menyelesaikan sebuah masalah.
Contoh flowchart
Flowchart menentukan bilangan genap dan ganjil.
Deklarasi :
Bilangan genap
dan bilangan ganjil.
Deskripsi :
1.
Masukan
angka genap dan ganjil.
2.
Menentukan
bilangan ganjil dan genap dengan cara membagi 2 dengan angka yang di input,
jika hasilnya 0 maka genap, dan jika 1 maka ganjil.
3.
Tampilkan
bilangan genap/ ganjil.
2
Kesimpulan
2.1
Algoritma
adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara
sistematis dan logis.
2.2
Flowchart adalah representasi grafik
dari langkah-langkah yang harus diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan
yang terdiri atas sekumpulan symbol.
2.3
Notasi –
notasi Algoritma
·
Notasi
I : kalimat deskriptif
·
Notasi II
: diagram alir (flowchart)
·
Notasi
III: psudo-code
2.4
Jenis –
jenis Algoritma
·
Divide and Conquer
·
Pseudo
Code
·
Dynamic programming
·
Sistem
Flowchart
0 komentar:
Posting Komentar